Alexa Rank


Salah satu parameter yang sering digunakan dalam SEO adalah Alexa Rank. Alexa Rank memang dibuat untuk membantu para pemilik website untuk melihat seberapa populer website yang mereka buat. Rentang angka yang dipergunakan untuk menilai sebuah website pun cukup lebar sehingga memungkinkan jutaan website dari seluruh dunia untuk bersaing mendapatkan ranking terbaik. Bila dalam dunia pendidikan ranking terbaik adalah ranking yang pertama (#1) maka dalam Alexa Rank pun demikian.

Namun di sisi lain, Alexa Rank tidak bisa dikatakan sebagai pengukur jumlah pengunjung yang akurat. Hal tersebut dikarenakan memang banyaknya pengunjung tidak secara signifikan berdampak pada bagusnya Alexa Rank. Menurut pengamatan penulis, cara Alexa menentukan ranking sebuah website setidaknya dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu Visitor dan Pageview. Kombinasi yang baik dari kedua faktor tersebut setidaknya telah penulis lihat dan amati membawa dampak yang signifikan terhadap Alexa Rank.

Idealnya sebuah website yang menarik dan bagus pastinya mendatangkan pengunjung yang banyak. Namun apalah artinya pengunjung yang banyak apabila pengunjung dikecewakan dengan konten yang membosankan. Di situlah peran Pageview dalam menentukan peringkat Alexa. Dengan Pageview yang banyak maka secara otomatis akan meningkatkan Time on Site(waktu kunjungan).

Sederhananya, bila pengunjung datang dan membuka lebih dari 1 halaman di website Anda maka penulis yakin Alexa Rank website Anda akan semakin bagus.

Hal lainnnya yang menyebabkan Alexa Rank tidak dapat digunakan sebagai pengukur jumlah pengunjung yang akurat adalah karena prinsip kerja dari pengumpulan data yang dilakukan Alexa sendiri. Sebagaimana dijelaskan oleh Alexa Internet, Inc. bahwa pengumpulan data dilakukan dilakukan secara pasif oleh Alexa Toolbar yang terpasang di browser para pengguna internet. Prinsip kerja yang dilakukan oleh Alexa Toolbar adalah setiap kali browser yang digunakan oleh pengguna internet membuka sebuah website maka Alexa Toolbar akan mengirimkan data-data website yang terbuka tersebut ke server Alexa untuk dicatat.

Sederhananya, tidak semua browser memasang Alexa Toolbar sehingga data yang dikumpulkan Alexa bisa dikatakan kurang akurat untuk menyebut jumlah visitor. Dan yang tak kalah pentingnya adalah ada begitu banyak browser yang dipakai para pengguna internet saat ini dan tidak semua browser-browser tersebut dapat memasang Alexa Toolbar.

Namun Alexa Rank masih bisa dipergunakan sebagai salah satu parameter SEO yaitu untuk mengukur tingkat popularitas sebuah website. Karena semakin banyak halaman sebuah web yang dibuka maka akan terlihat bahwa konten di website tersebut menarik sehingga Alexa memberi ranking lebih baik untuk website tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar