Hewan aneh ditemukan di sungai Amazon


1. Piranha






Piranha adalah ikan air tawar omnivora[1] yang hidup di sungai-sungai di Amerika Selatan. Di sungai-sungai Venezuela, mereka disebut caribes. Mereka terkenal dengan gigi tajam dan pemakan daging. Namun, meskipun Hollywood sering mempublikasikan piranha dengan negatif, piranha tidak seberbahaya itu, dan sering dibudidayakan di rumah dan kantor.
2. Pirarucu / Arapaima

 

Arapaima, pirarucu, atau paiche (Arapaima gigas) adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan. Ikan Arapaima dapat tumbuh maksimal sepanjang 3 meter dan berat 200 kilogram. Saat ini sudah sangat jarang terdapat arapaima yang berukuran lebih dari 2 meter karena ikan ini sering ditangkapi untuk dikonsumsi penduduk atau diekspor ke negara lain.

3. Amazon Catfish
 
  













Amazon adalah lele ibu kota dunia! Tidak ada sistem sungai, di mana pun di dunia, adalah sebagai spesies lele kaya sebagai Amazon. Diperkirakan bahwa lebih dari 2.800 spesies ikan yang berbeda terjadi di Amazon. Hebatnya, hampir setengah dari mereka adalah ikan lele! Perintah Siluriformes, atau lele, (bersama dengan Characiformes) adalah urutan yang paling beragam dari Amazon ikan dan mungkin yang paling spektakuler. Dengan 15 keluarga, termasuk lebih dari 1200 spesies, lele Amazon tidak hanya mendominasi Amazon, tapi rekening mereka selama hampir setengah dari semua spesies ikan lele di dunia. Ukuran mulai dari kecil, 2cm Candirú ke raksasa, hampir 3 meter panjangnya Brachyplatystoma, atau ‘piraiba’, ikan ini sangat beragam menempati ceruk ekologis. Beberapa penghuni bawah, beberapa malam.

4. Anakonda

 

Umumnya ketika kita mendengar nama Anaconda, maka lebih cenderung memikirkan “kesadisan” Anaconda raksasa yang memangsa apa saja makhluk hidup yang difilmkan dalam Anaconda : The Hunt for Blood Orchid (1997) atau sekuelnya Anaconda 3: The Offspring dan Anacondas: Trail of Blood yang diproduksi tahun 2008. Sedangkan Phyton dikenal luas oleh masyarakat kita karena keberadaan dan habitat Phyton banyak ditemukan di daerah Indonesia. Tentunya, ular Anaconda tidak seganas seperti yang ditayangkan dalam film di atas.


5. Belut Listrik



Sidat listrik atau belut listrik (Electrophorus electricus) adalah sejenis Templat:Ikan air tawar yang dapat menghasilkan aliran listrik kuat (sampai Templat:650 volt) untuk berburu dan membela diri. Walaupun disebut sidat atau belut, ia termasuk anggota ordo Gymnotiformes, yang tidak mencakup keduanya.


Selain biasa ditemukan di Sungai Amazon dapat ditemukan juga Sungai Orinoko serta daerah-daerah di sekitarnya. Ia bisa tumbuh hingga panjang 2,5 m (8,2 kaki) dan berat 20 kg (44 pound), walaupun biasanya ukuran rata-ratanya adalah 1 m.

6. Candiru


Candirú (vampire fish) adalah sejenis ikan air tawar yang sejenis dengan ikan lele. Ikan ini memiliki reputasi di antara penduduk lokal sebagai ikan paling ditakuti, bahkan melebihi piranha. Spesies ini berukuran hanya sekitar satu inci panjangnya, berbentuk seperti belut dan tembus pandang sehingga sulit dilihat di air. Candiru adalah sejenis parasit. Ia masuk ke celah-celah insang ikan lain, mengeluarkan tulang belakangnya agar dapat berpegang di tempat, dan meminum darah di insang, sehingga dijuluki "ikan vampir dari Brazil".
Mengapa ikan ini berbahaya karena ia tertarik pada air seni atau darah, dan bila seseorang berenang telanjang ia akan masuk ke celah anus atau vagina, atau bahkan bila ikannya kecil ke lubang penis – dan mungkin ke dalam urethra). Bila ini terjadi ikan candirú sangat sulit diambil kembali kecuali lewat operasi, gambar di kanan adalah Candiru yang dioperasi karena masuk ke alat kelamin orang tersebut. Karena ikan ini menemukan mangsanya dengan mengikuti aliran air dari insang ke sumbernya, kencing sambil berenang meningkatkan kemungkinan candirú masuk ke urethra manusia.




7. Katak Beracun


Katak ini sekujur tubuhnya dilengkapi dengan lender yang beracun. Masyarakat setempat memanfaatkan katak beracun ini untuk melumuri anak panahnya dengan lendir dari tubuh katak ini (tentunya dengat sangat hati-hati) dan jika mengenai monyet yang menjadi buruannya, monyet yang bergelantungan di pohon itu akan langsung jatuh ke tanah.
"Katak-katak ini adalah satu-satunya binatang di dunia yang diketahui sanggup membunuh manusia hanya dengan sentuhan saja." Mereka ini dapat melompat sejauh 2 meter atau 50 kali panjang tubuhnya.


8. Ulat Beracun


Sepertinya anda sudah biasa melihat ulet bulu, tapi bulu dari ulet bulu yang satu ini mengandung saesuatu yang berbahaya, sangat berbahaya hingga lusinan orang meninggal tiap tahunnya hanya karena menyentuhnya! Caranya juga kejam, racunnya mengandung anticoagulant (mencegah pembekuan darah), dan tekanan darah korban akan langsung turun drastis dan menyebabkan kematian. Ulat ini mudah ditemukan di pohon – pohon di sekitar sungai Amazon


9. Tyrannobdella Rex

Meskipun ada lebih dari 600 spesies lintah, diduga masih banyak lagi spesies lintah yang belum ditemukan hingga saat ini. Lintah ini diduga kerabat dari jenis lainnya yaitu Dinobdella ferox, sejenis lintah dari Taiwan. Tidak seperti lintah lannya, lintah ini memiliki 1 baris gigi, terdiri dari dari 8 gigi dengan panjang kurang lebih 0.13mm. Bahkan, karena karakteristik giginya, penemunya memberikan nama mirip dengan dinosaurus karnivor terbuas pada masanya, yaitu Tyrannosaurus Rex.

Lintah ini hidup dengan menghisap darah dan kebanyakan menempel di hidung inangnya. Jika lintah lain "menjatuhkan diri" saat kenyang, lintah ini akan terus menempel di hidung hingga mencapai ukuran 7 cm. Menurut wikipedia.com, tempat favorit hewan ini adalah hidung, mulut, tenggorokan, bahkan ada yang ditemukan di sistem genital mamalia. Kebayang kan bagaimana jika kalian terinfeksi lintah ini? Sayang saya tidak dapat menemukan sumber beritanya.

Meskipun lintah ini disebut lintah raksasa, ukurannya tetap saja kecil. Dengan ukurannya seperti itu, hewan ini akan sulit dideteksi jika sudah menempel di hidung. Orang yang terinfeksi akan mengalami sakit kepala yang hebat.


10. Buaya Moncong Panjang


Suatu sore ada seorang turis yang hendak mandi di muara sungai Amazon, bertanya pada seorang anak kecil yang sedang memancing ditepi sungai tersebut. "Hey, di sungai ini tidak ada ikan Piranhanya kan?!", tanya turis tersebut.
Kemudian si anak tersebut menjawab, "Tentu Tuan..!".
Turis tersebut langsung meloncat ke sungai, dan dia bertanya sekali lagi kepada si anak tersebut, "Betul kan nak, tidak ada piranha disini?".
Dengan santai si anak menjawab, "Tentu saja Tuan, sebab ikan piranhanya pada takut sama buaya-buaya disitu!"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar